Cara Merawat Tenda Dome

Cara Merawat Tenda Dome

Cara Merawat Tenda Dome

Nach untuk kali ini disaya akan kita bahas agak melenceng dengan Materi Sekolah.
Untuk kalian yang sering naik gunung pasti kalian tak lupa membawa tenda. nach kali ini ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Tenda setelah di pakai.
Untuk kalian gak usah pusing kalian baca dibawah sini.....oke

TENDA


Cara Merawat Tenda Dome

Berapapun harga tenda yang kamu punya, mau 300 ribu, 3 juta, atau 30 juta, perawatannya sama. Bedanya kalau yang 30 juta gak dirawat dengan benar, nangisnya bisa sebulan, nyeselnya apalagi, bisa bertahun-tahun.

Apalagi di Indonesia yang punya kelembapan tinggi, banyak tenda baru yang umurnya belum lima tahun, karena perawatan dan penyimpanan yang gak bener, udah pensiun dini, entah itu seal atau coatingannya rontok dihajar jamur.

Berikut langkah-langkah perawatan tenda yang sudah mimin terapkan bertahun-tahun:

1. Setiap kali selesai dipakai, dirikan di depan halaman rumah, semprot flysheet tenda dengan air (tanpa sabun) dan usap-usap dengan kain microfibre dan lap sisa air dengan kanebo, biarkan sekitar 10-15 menit agar kering. Buat noda yang membandel jangan pake rinso yah, modyar coatingan tenda ente. Pake sampo bayi aja diusap-usap dengan perlahan. Kalau noda gak bener-bener ilang ya biarin aja, yang penting kotoran yang nempel sudah gak ada.

2. Bongkar flysheet tenda, bersihkan inner. Buang semua kotoran yang tersisa terutama di sudut-sudut tenda. Lap alas (floor) tenda bagian dalam dengan kanebo basah dan keringkan. Alas tenda bagian luar yang menghadap ke tanah biasanya paling kotor (buat yang males pake footprint), kalau gak kotor banget ya bersihinnya gak perlu pake sabun, cukup disemprot air saja dan dikeringkan pake kanebo. Diamkan selama 10-15 menit.

3. Gantung flysheet dan inner tenda selama 24 jam dengan sirkulasi udara cukup dan terlindung dari sinar matahari langsung. Sebaiknya dijemur ketika siang, dan diangkat ketika siang juga pas kelembapan rendah.

4. Lipat flysheet dan inner, masukkan ke dalam cotton stuff sack. Usahakan lipatannya besar untuk meminimalisasi kelembapan dalam penyimpanan. Jangan gunakan stuff sack bawaan tenda karena bakal terkompres dan tenda tidak bisa "bernapas".

5. Masukkan ke dalam lemari dan gunakan dehumidifier karena musuh coatingan dan seal tenda adalah kelembapan. Selesai.

Tenda adalah salah satu investasi terbesar di dalam kegiatan outdoor, perawatan dan penyimpanan yang baik dan benar bisa memperpanjang umur tenda sehingga tahan dipakai bertahun-tahun, bahkan bisa lintas dekade.

nach diatas adalah Cara Merawat Tenda Dome, bisa kalian coba saja dirumah jika kalian sehabis menggunakan tenda...
This Is The Newest Post
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Advertiser